Free, Open-Mind, Responsible, Creative & Egalitarian

Menyongsong Canon PhotoMarathon 2010 Jakarta

Canon PhotoMarathon Indonesia

Canon PhotoMarathon Indonesia

Bukan lari maraton sambil memotret, tapi Canon PhotoMarathon 2010 adalah semacam ajang hunting foto bersama dengan rute tertentu. Garis start dan finish ditentukan, demikian pula waktu tempuh yang kudu dipatuhi. Rute tempuh berada dalam jarak tempuh nyaman untuk berjalan kaki di seputar lokasi.

Foto-foto hasil hunting langsung dinilai juri. Sementara juri menilai, para peserta PhotoMarathon bisa ikut sesi foto model tematis atau bersantai menikmati pertunjukan musik di tempat yang sama. Para pemenang diumumkan di akhir acara, pada hari yang sama.

Santai, casual dan menyenangkan. Demikian suasana yang terjadi di Canon PhotoMarathon 2009 di Jakarta. Berlokasi di Taman Fatahillah, tak sulit menjumpai subyek-subyek fotogenik di warisan budaya bersejarah ini.

Ada 1.028 peserta yang berpartisipasi di Canon PhotoMarathon 2009, demikian data resmi dari sumber di Datascrip, distributor Canon di Indonesia. Tak hanya peserta seputar Jabotabek, saya menjumpai banyak peserta dari Bandung dan Surabaya. Bahkan ada peserta dari Manado, Sulawesi Utara yang hadir hanya untuk Canon PhotoMarathon 2009.

Kemeriahan yang lebih menarik diperkirakan bakal terjadi di Canon PhotoMarathon 2010 pada hari Sabtu, 16 Oktober 2010 di Central Park, Jakarta. Sintra Wong, Canon Division PT Datascrip, menyebutkan bahwa tempat akan disiapkan untuk mampu menampung 2.000 peserta. Sebuah jumlah yang cukup realistis jika melihat jumlah peserta tahun lalu dan populasi peminat fotografi di Indonesia.

Pada hari yang sama dengan acara di Jakarta, Canon PhotoMarathon 2010 juga digelar Canon Asia di Penang, Malaysia dan Chiang Mai, Thailand. Selengkapnya, Canon Asia menggelar Canon PhotoMarathon 2010 di 12 kota, di 6 negara. Selain Indonesia, PhotoMarathon digelar pula di Malaysia (Penang), 4 kota di Thailand (Khonkean, Phuket, Chiang Mai dan Bangkok), 2 kota di Vietnam (Hanoi dan Ho Chi Minh City), 3 kota di India (Delhi, Mumbai dan Bangalore), dan Singapura.

Canon PhotoMarathon digelar oleh Canon Asia sejak 2007 di 5 negara: Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina. Para pemenang hadiah utama PhotoMarathon 2008 dikirim ikut Photo Clinic di Kyushu, Jepang. Tahun 2008 PhotoMarathon masih digelar di kelima negara yang sama, berhadiah Photo Clinic di South Island, Selandia Baru. Baru pada tahun 2009 India dan Indonesia masuk, tapi Filipina absen. Para pemenang hadiah utama 2009 dikirim ikut Photo Clinic di Jepang bagian tengah.

Para pemenang hadiah utama PhotoMarathon 2010 akan dikirim mengikuti PhotoClinic selama 8 hari di Turki. Sudah pasti Indonesia akan mengirimkan 2 pemenangnya untuk hunting foto di Turki bersama tutor Triston Yeo, fotografer profesional Singapura. Tentu, untuk memperoleh kesempatan itu, peserta harus hadir di Central Park, Jakarta.

Sebagai negara dengan populasi kamera digital yang besar di Asia, Indonesia layak diperhitungkan. Pertambahan populasi kamera digital di Indonesia diperkirakan terus berlipat ganda, meski belum ada data dan rilis resmi mengenai hal ini. Jika melihat jumlah anggota yang terdaftar di Fotografer.net sebanyak 320 ribu dan pertambahan anggota baru rata-rata 189 orang per hari, Indonesia layak diperhitungkan. Apalagi Fotografer.net adalah komunitas online fotografi terbesar di Asia Tenggara.

Kita buktikan Indonesia berjaya tak hanya dalam jumlah populasi, tapi juga berwibawa karena karya-karya fotografi berkualitas wahid.

One response

  1. Wah, terima kasih bang Kris atas infonya.🙂

    September 29, 2010 at 10:20 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s