Free, Open-Mind, Responsible, Creative & Egalitarian

70 Tahun Don Hasman

Don Hasman. Foto oleh: Kristupa Saragih

Don Hasman. Foto oleh: Kristupa Saragih

Khalayak fotografi Indonesia sudah semestinya mengenal Don Hasman. Sosok fotografer penjelajah yang kehidupannya patut diteladani. Semangat Oom Don, demikian ia biasa disapa, seperti api yang tak pernah padam.

Lahir di Jakarta, 7 Oktober 1940, Oom Don sudah mulai memotret sejak usia 11 tahun. Berbagai benua sudah dijelajah, puncak-puncak tinggi dunia sudah ditaklukkannya. Ribuan kilometer sudah ditempuh baik dengan berjalan kaki maupun bersepeda.

Sosok Oom Don adalah sosok langka, sulit mencari pribadi yang mampu menyamai. Generasi muda fotografi mungkin pernah dengar namanya, tapi pertemuan secara langsung dengan Oom Don bisa membuat kita menyelami pribadinya. Sosok fotografer yang berkomitmen penuh pada profesi, loyal pada rekan-rekan dan selalu rindu berbagi.

Oom Don yang saya kenal adalah pria sederhana. Pada suatu acara di Jogja tahun 2009, Oom Don pernah pamit untuk beli tiket kereta api pulang ke Jakarta. Diantar seorang mahasiswa berboncengan motor, Oom Don berangkat ke Stasiun Tugu.

Kepada mahasiswa itu saya titipkan sejumlah uang untuk tiket kereta eksekutif. Oom Don layak menikmatinya. Tapi mahasiswa tersebut, sekembalinya dari Stasiun Tugu, mengembalikan uang masih dalam jumlah banyak. Oom Don ternyata lebih suka menumpang kereta ekonomi.

Oom Don juga saya kenal sebagai sosok yang penuh inisiatif, ide berani dan semangat menyala-nyala. Tahun 2006 di Jakarta, Oom Don berinisiatif mengumpulkan fotografer untuk sebuah proyek buku bertema Indonesia. Sejumlah fotografer terkemuka dikontaknya untuk berkumpul di studio Ferry Ardianto di bilangan Tebet.

Saya sebagai yang termuda di rapat informal itu menyaksikan semua fotografer senior yang hadir amat respek pada Oom Don. Beberapa fotografer lantas bisik-bisik mengingatkan satu sama lain untuk sekedar mengongkosi Oom Don pulang dengan taksi.

Uang kemudian diberikan secara diam-diam ke Oom Don, ketika acara usai dan semua saling berpamitan. Oom Don menolak, seraya menyebutkan bahwa ia terbiasa menumpang bis umum. Dan, Oom Don tetap pulang ke rumahnya di Depok menumpang bis umum.

Begitu sederhananya kehidupan Oom Don hingga ia baru bersedia memakai ponsel setahun terakhir ini saja. Sebelum itu komunikasi hanya melalui telepon di rumahnya di Depok. Jika Oom Don sedang berpetualang, maka kita hanya bisa titip pesan pada anak perempuannya.

Don Hasman. Foto oleh: Kristupa Saragih

Don Hasman. Foto oleh: Kristupa Saragih

Padahal prestasi Oom Don sungguh mengagumkan. Tempat tertinggi yang pernah ditaklukkan Don Hasman adalah Nuptse, kawasan Himalaya, Everest base camp 6.150 meter tahun 1978, masuk wilayah geografis Nepal. Baru 9 tahun kemudian rekor tersebut bisa diperbaharui oleh orang Indonesia lain. Don Hasman juga pernah menaklukkan Gunung Kilimanjaro 5.985 meter di Tanzania tahun 1985. Ia berangkat, antara lain, bersama mendiang Norman Edwin, wartawan Kompas, yang legendaris itu.

Keteladanan Don Hasman adalah kekonsistenan memotret hingga hari ini, kala usianya beranjak senja. Oom Don, demikian ia akrab disapa, tahun 2007 masih sanggup berjalan kaki 1000 km dari Saint-Jean-Pied-de-Port, Perancis Selatan ke Cape Finisterre, Spanyol Barat Laut. Perjalanan selama 35 hari itu ditempuh dalam 2.200.000-an langkah oleh anggota kehormatan Mapala UI bernomor anggota MK 225 ini.

Menimba pengalaman dari fotografer dan petualang alam bebas ini bak menimba dari sumur yang tak pernah kehabisan air. Dalam kunjungan ke kantor Fotografer.net bulan Maret 2010, sambil saling berbagi foto, Oom Don menyebutkan, “Foto bagus adalah foto yang bisa menggugah perasaan.”

Petikan yang singkat tapi dalam dan mengena. Ketika fotografer berkutat dengan kecepatan rana, diafragma, dan perlombaan resolusi, petikan Oom Don ini penting dijadikan bahan refleksi. “Foto yang menggugah bisa menginspirasi orang yang melihatnya. Membuat orang melakukan sesuatu,” imbuh Oom Don.

Selamat berusia 70 tahun, Oom Don. Semoga selalu sehat dan senantiasa berbagi kepada khalayak fotografi Indonesia dan dunia.

Don Hasman. Foto oleh: Kristupa Saragih

Don Hasman. Foto oleh: Kristupa Saragih

31 responses

  1. Sayangnya saya belum bisa mengenal Om Don lebih dekat, semoga next time bisa ikut bersama dalam sebuah perjalanan bersama beliau. atau diskusi kecil kalau datang di Jogja.

    October 7, 2010 at 11:30 PM

  2. Selamat memperingati hari ulang tahun yang 70 tahun, Oom Don.
    Semoga sehat selalu, banyak berkah dan panjang umur.
    Memang oom Don memang sosok yang langka, sederhana, penuh semangat.

    Salam hormat dariku.

    Hartono K.Halim

    October 7, 2010 at 11:35 PM

  3. long life Don Hasman…

    October 7, 2010 at 11:38 PM

  4. Victor Nicholas S

    Selamat Ulang Tahun Om Don, bener2 jadi inspirasi buat saya.

    “Foto yang menggugah bisa menginspirasi orang yang melihatnya. Membuat orang melakukan sesuatu,” imbuh Oom Don.<—-so true..so true

    October 8, 2010 at 7:11 AM

  5. He is the most humble, grateful, and low profile GREAT photographer we’ve ever known…
    Met Ultah Pak Don!

    October 8, 2010 at 8:33 AM

  6. Perjuangan dan foto2 om don tidak hanya indah dirasa tetapi memang bener2 menggugah rasa… Semoga bisa bersama mengeksplorasi indahnya ayat ayat tuhan om… amin

    October 8, 2010 at 11:00 AM

  7. hasan basri

    Selamat Ulang tahun Om Don, walaupun belum pernah bertemu tetapi kagum dengan kegiatan alam bebas dan karyanya dalam fotografi.

    October 8, 2010 at 11:08 AM

  8. dedi

    pada 35 tahun mendatang, aku ingin seperti beiau🙂, om Don ROCKS….

    October 8, 2010 at 1:22 PM

  9. Arief

    No doubt, Om Don is a legend. Tapi, seorang pemula seperti saya tidak akan punya keberuntungan mengenal beliau tanpa bantuan tulisan ini. Tulisan Bang Kris menggugah saya untuk mulai mengenal Om Don dan juga maestro2 photography lainnya. Terimakasih bang!

    October 8, 2010 at 3:11 PM

  10. don hasman

    Bung kristupa, terima kasih telah memberikan hadiah istimewa dengan tulisan anda ini yang akan abadi sepanjang di cetak di atas kertas . Terima kasih sekali lagi. Salam hormat .
    Don Hasman

    October 8, 2010 at 6:53 PM

    • Suatu kehormatan untuk pernah mengenal Oom Don
      Semoga Oom Don selalu sehat dan panjang umur agar selalu bisa menyemangati anak-anak muda Indonesia

      October 14, 2010 at 6:49 PM

      • dita maulina

        Apakah mas Kris tahu email atau no kontak , atau cara menghubungi om Don? Terimakasih banyak

        February 27, 2013 at 11:53 AM

  11. cerita yang menarik, seorang tokoh yang sudah mulai langka di negeri ini.
    selamat ulang tahun om don

    October 15, 2010 at 12:45 AM

  12. bang Don.. seorang yang memang pantas kita sebut sebagai orang yang berjiwa besar.

    saya masih teringat ucapan bang Don
    “carilah pekerjaan yang mendukung hobi”

    selamat ulang tahun bang Don !

    October 15, 2010 at 4:54 PM

  13. cerita seorang tokoh yang digambarkan dengan sangat baik. salam kenal.

    October 16, 2010 at 11:24 PM

  14. nanik jogja

    slmt ulang tahun buat om don,smoga tetap slalu dlm lindungan Tuhan,semangat dan kebesaran hati, jiwa serta pemikiran beliau yg begitu luar biasa.
    Cerita pak kris jg pernah aq alami,Jd inget 2002 dijogja jam 12 mlm jemput om don distasiun lempunyangan waktu itu beliau naik kereta ekonomi jkt-jogja,mkn nasi sebungkus bersama2,kesederhanaan,smagat yg luar biasa yg slalu mjd tauladan bg qt smua.
    Semangat om slalu bersama kami.

    October 22, 2010 at 11:52 PM

  15. muhammad sujai

    hmmm… tulisan yang menarik.
    sedikit banyak, saya sangat terinspirasi oleh beliau.

    terimakasih bang kris, sudah berbagi tulisan tentang Om Don.

    December 8, 2010 at 11:28 AM

  16. cerita yang menarik, tidak sabar menunggu beliau presentasi pada Workshop di Batam Bulan April nanti..

    February 25, 2011 at 11:58 PM

  17. Orang Yang Bersahaja, dan murah senyum…. saat pertama bertemu dengannya, semua tentangnya yang pernah tertuliskan di BLOG, langsung terasa…

    sehat selalu om don, jangan pernah berhenti membimbing kami….

    Pesan Om Don Akan Selalu Bayu Ingat : (Hal Yang paling Bahagia Di Dunia Adalah, Banyak Banyak Lah membantu Orang Dengan Ikhlas)

    April 9, 2011 at 12:14 PM

  18. desrian eristha

    om don mantap…orangnya ramah….g beda2in orang..g d yg pro…g d yg amatir d dunia fotografi…semua sama…..kern…terim kasih udah dateng k kota sawahlunto om don…keluarga besar Minangkabau Photografer mengucapkan terima kasih….

    May 21, 2011 at 4:53 PM

  19. ngliat om don pas di acara #CPMI2011 Jakarta kemarin … dan beliau masih sangat lincah dan lucu …. hehehehe ….

    selamat ulang tahun om don ….
    semoga sehat selalu dan panjang umur …..

    salam,

    October 7, 2011 at 7:47 AM

  20. ia merayakan ulang tahun ke-72nya dibanda aceh…minggu 7 oktober 2012…legenda hidup fotografi indonesia…;)

    October 9, 2012 at 10:50 AM

  21. Pernah sekali ketemu oom Don, orangnya ramah dan rendah hati. Dan orangorang yang mengenalnya, terlihat sangat menyayanginya. Selamat ultah ke 70 oom, panjang umur, tetap sehat dan terus berbagi.

    October 11, 2012 at 3:28 AM

  22. saya pernah bertemu dengn om don saat jmbore nasional mapala muhamadiyah seindonesia, sempat beliau memberikan materi dan cara” memotret di penangkaran kupu” bantimurung sulawesi selatan kabupaten pangkep, beliau sangat sederhana dan sangat simpel , lincah, energic dan sangat rendah hati dan mau berbagi , aq sangat terinspirasi ingin jadi petualang,penjelajah fotografer dan menjadi penulis saat mendengar cerita beliau tentang penelitianya di suku badui . moga om don di usia yang sekarang ini sehat dan jaya selalu .amin
    om Don adalh sang inspirasi ……

    March 7, 2013 at 9:01 PM

    • Bung Suherman yth.,
      Sampai hari ini saya sehat selalu. Iya, masih ingat betul ketika di Bantimurung masuk kurungan kupu2. Lumayan banyak dipakai hasilnya. Salam hormat.

      October 8, 2013 at 2:19 PM

  23. Reblogged this on arohmatnuroel.

    October 7, 2013 at 4:30 PM

  24. Saya termasuk salah satu orang yang beruntung bertemu dengan Om Don, waktu beliau ke Batam waktu lalu kami sempat juga hunting street bareng bareng.. di waktu yang singkat itu kurang lebih hanya 4 jam… berbagai jenis ilmu dibagikan beliau… selamat hari jadi Om Don… Have a great day ahead….

    October 7, 2013 at 4:46 PM

  25. Terima kasih Daniel. Nanti kita jumpa lagi & berbagi pengalaman. Salam hormat.

    October 8, 2013 at 2:22 PM

  26. Live long and prosper, Om Don!

    Sosok-sosok petualang inspiratif macam Don Hasman ini sekarang sudah semakin langka. Beliau berbicara langsung lewat karya, jauh dari lampu sorot ketenaran yang semu.

    Barangkali jurnalis foto macam Farid Gaban atau Agustinus Wibowo suatu saat bisa meneruskan legacy Om Don…

    March 7, 2014 at 3:11 PM

  27. Anonym

    Tadi saya lihta pak Don Hasman di tv, di acara Sarah Sechan. Ini untuk kali pertama saya tau tentang beliau. Dan saya langsung cari semua artikel tentang beliau. Saya kagum.

    April 17, 2015 at 2:16 PM

  28. Vita Handayani

    Om Don Hasman bener” orang baik yang saya kenal…
    Ramah,suka berbagi, murah senyum dan gemar berbagi ilmu serta pengalaman…
    Alhamdulillah saya sudah 2x ketemu Om Don..
    Sehat selalu Om Don..

    April 30, 2016 at 9:38 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s