Free, Open-Mind, Responsible, Creative & Egalitarian

Jadi Anggota Platinum Garuda Frequent Flyer

Setelah 8 tahun menjadi anggota Garuda Frequent Flyer (GFF), tercapai pula tingkat keanggotaan Platinum. Tingkat keanggotaan tertinggi GFF ini diperoleh atas frekuensi terbang pada jumlah tertentu menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Anggota GFF harus melakukan aktivitas dengan Garuda sedikitnya 55.000 tier miles atau terbang 55 kali eligible flight dalam satu tahun keanggotaan agar menjadi anggota Platinum.

Selama tahun 2010 tercatat ada 76 penerbangan bersama maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia ini.

Melihat catatan aktivitas selama 2010, sebenarnya frekuensi terbang lebih dari itu. Banyak penerbangan domestik dengan maskapai lain lantaran ada rute yang belum diterbangi Garuda, semisal rute Yogyakarta (JOG)-Surabaya (SUB) dan Yogyakarta (JOG)-Bandung (BDO). Penerbangan internasional selama 2010 tercatat belum ada bersama Garuda.

Pertama kali jadi anggota GFF pada September 2002, saat itu benefit yang dibutuhkan semata-mata bagasi ekstra. Sebagai fotografer, peralatan yang dibawa untuk pekerjaan memotret bisa mencapai 20 kg bahkan lebih. Tahun 2002 itu, seingat saya, batas maksimum bagasi kelas ekonomi adalah 20 kg. Dengan jadi anggota GFF Silver, seingat saya pula, bisa dapat tambahan gratis 10 kg bagasi. Saat itu, belum ada tingkat GFF Blue, jadi begitu mendaftar langsung dapat keanggotaan GFF Silver.

Keanggotaan GFF Gold baru diperoleh pada 2007. Lebih banyak benefit yang diperoleh daripada GFF Silver. Berat bagasi tambahan bisa lebih banyak. Selain itu ada jalur khusus di check-in desk yang terpisah dari GFF Silver. Selain itu, ada fasilitas akses gratis ke GFF Lounge di seluruh Indonesia yang hanya bisa dimasuki tingkat keanggotaan minimal GFF Gold.

Per November 2010 keanggotaan resmi ditingkatkan oleh Garuda menjadi GFF Platinum, meski kartunya baru diterima Januari 2011. Semua benefit GFF Gold masih diperoleh ditambah fasilitas akses gratis ke Singapore Airport Lounge, 25 tier bonus, dan tambahan bagasi sebesar 20kg. Selain itu, sebagai anggota GFF Platinum bebas pula dari biaya perubahan tiket alias cancellation fee dan biaya pembatalan tiket alias refund fee.

Memang ada jenis keanggotaan GFF Platinum yang bisa diperoleh lebih mudah dengan mendaftarkan diri jadi pemegang kartu kredit Citibank Garuda. Tapi bagi saya pribadi, meraih keanggotaan GFF Platinum dengan cara mengumpulkan frekuensi terbang lebih menantang. Lagipula, ini merupakan penghargaan Garuda bagi pelanggan setia dan memang bermanfaat bagi frequent traveler.

Bagi saya, keanggotaan GFF Platinum ini adalah hadiah tahun baru dari Garuda Indonesia. Terimakasih.

Semoga sayap Garuda Indonesia makin mengepak gagah menerbangi rute-rute seluruh dunia membawa identitas ke-Indonesia-an kita.

Garuda Frequent Flyer (GFF) Platinum. Difoto dengan BlackBerry 9700 oleh Kristupa Saragih.

Garuda Frequent Flyer (GFF) Platinum. Difoto dengan BlackBerry 9700 oleh Kristupa Saragih.

About these ads

7 responses

  1. Wah aku wingi ditawani juga tapi enakan model kayak mas Kris aja deh..

    salam sehati

    January 6, 2011 at 6:00 PM

  2. wih, seperti George Clooney di film Up In The Air ya Mas :D

    March 8, 2011 at 2:24 PM

  3. Tania Adnan

    I’d would like to join GFF member, could you please let me know how to register it.

    thank you/ regards,
    Tania Adnan

    May 4, 2011 at 4:32 PM

  4. your-guest

    Ms. Tania, it’s quite easy.

    Just visit http://gff.garuda-indonesia.com/, go to section ENROLL NOW, and click GFF link. And you will be bought to GFF Personal Frequent Flyer web page. Then select menu ‘Register now’. Complete registration form, and you will get temporary card you can use it each time you fly with Garuda Indonesia. Upon first flight, you will get permanent membership including bonus, and any other benefits so on.
    Enjoy it.

    SM.

    August 11, 2011 at 1:40 AM

  5. saya sudah mendaftar dan juga mendaftar atas nama om dan mama saya. Tapi kok konfirmasi lewat email untuk aktivasi kok belum ada??

    juga untuk GFF mama saya, waktu itu karena error, mungkin terduplikat 2x dan muncul pesan suruh nunggu dulu, GFF akan meneliti dulu.

    gimana dunk itu?

    August 23, 2011 at 12:41 PM

    • GFF

      Pak Fachri,

      Mengenai proses pengiriman email aktivasi seringkali terhambat dengan koneksi jaringan di server. Tetapi, dapat dicek akun yang bersangkutan dengan melakukan login ke akunnya. Masukkan alamat email dan password yang digunakan biasanya tanggal lahir (ddmmyyyy).
      Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, Bapak dapat mengirimkan email ke gff@garuda-indonesia.com.

      semoga dapat membantu.

      terima kasih.

      GFF

      September 6, 2011 at 9:35 AM

  6. kartu saya malah di downgrade gara2 flight saya pake garuda frekswensi na ga kek tahun2 sebelumna… :(

    December 18, 2011 at 12:52 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29,978 other followers