Free, Open-Mind, Responsible, Creative & Egalitarian

Angkatan 2 Kelas Pagi Yogyakarta (KPY) dan Konsistensi Sekolah Gratis Fotografi

Kelas Pagi Yogyakarta

Kelas Pagi Yogyakarta

Kelas Pagi Yogyakarta (KPY) membuka pameran foto bertitel Halo #2 di Rumah KPY, Yogyakarta, Senin (15/2). Ada 90 bingkai foto yang dipamerkan dengan berbagai subyek dan beragam gaya serta genre. Sebagian besar foto adalah karya para siswa angkatan pertama KPY dan beberapa foto pengajar. Pameran digelar tiap hari hingga 19 Februari 2011 jam 17.00-21.00 WIB.

Dirintis oleh fotografer Anton Ismael dengan Kelas Pagi di Jakarta, Kelas Pagi Yogyakarta sudah berusia setahun. Kelas Pagi Jakarta dan Kelas Pagi Yogyakarta sama-sama berupa sekolah gratis fotografi. Gratis dalam arti siswa tak membayar, demikian pula dengan para pengajar yang tak dibayar.

Di KPY, kelas digelar dua kali sepekan. Sesuai namanya, jam kelas dimulai pukul 7 pagi. Tak ada meja kursi, siswa dan pengajar lesehan. Nana dan Berto, pengelola KPY, menyiapkan proyektor LCD dan layar serta mengorganisir praktek foto.

Anton Ismael di pembukaan pameran foto Halo #2 Kelas Pagi Yogyakarta (KPY), Senin (14/2). Foto oleh Berto Gesit

Anton Ismael di pembukaan pameran foto Halo #2 Kelas Pagi Yogyakarta (KPY), Senin (14/2). Foto oleh Dokumentasi KPY

Keberadaan sekolah gratis fotografi ini menguji motivasi siswa-siswanya. Bangun pagi jam 7 bagi sejumlah orang sudah merupakan ujian tersendiri. Demikian pula konsistensi untuk terus menerus hadir tanpa melewatkan para pengajar yang ahli di bidang fotografi masing-masing.

Fotografi tak lagi eksklusif. Semua orang bisa belajar memotret dan mahir memotret jika punya niat dan motivasi. Keberhasilan berfotografi ditentukan oleh proses yang mencakup ujian motivasi dan mental.

Tak gampang menemukan fotografer yang mumpuni namun punya kemauan berbagi ilmu. Tak semua fotografer yang mau berbagi ilmu punya kapabilitas mengajar. Dan tak semua yang mumpuni dan mau berbagi ilmu itu punya cukup waktu serta mau mengajar tanpa dibayar.

Saringan berlapis ini menyarikan kedekatan antarsiswa, antarpengajar, dan antara siswa dan pengajar. Alhasil, keberhasilan berproses dalam fotografi ditentukan oleh ketangguhan niat dan kemurnian motivasi. Meski demikian, semua butuh waktu dan lama berproses tentu berbeda antara satu siswa dengan siswa-siswa lain.

Sebelum jaman fotografi digital, hanya segelintir orang yang bisa beli kamera. Dari segelintir itu, hanya beberapa saja yang menggeluti fotografi. Dulu ilmu fotografi bagai barang langka yang eksklusif, namun era teknologi digital mengubah semuanya.

Perbedaan orang sukses dan tak sukses adalah kemauan, karena kita semua bisa jika kita mau. Fotografer handal tak hanya mahir, terampil dan beride cemerlang namun bermental baja dengan motivasi murni. Secara alami, proseslah yang menyeleksi konsistensi berfotografi seseorang. Dan proses itu berlangsung apa adanya di KPY.

Selamat berpameran, KPY. Dan selamat berfotografi untuk siswa-siswa baru Angkatan 2 KPY. Biar foto yang bicara.

Siswa-siswa Kelas Pagi Yogyakarta (KPY) menghadiri presentasi oleh pendiri Kelas Pagi fotografer Anton Ismael (berdiri kanan) pada pembukaan pameran foto Halo #2, Senin (14/2). Foto oleh Berto Gesit

Siswa-siswa Kelas Pagi Yogyakarta (KPY) menghadiri presentasi oleh pendiri Kelas Pagi fotografer Anton Ismael (berdiri kanan) pada pembukaan pameran foto Halo #2, Senin (14/2). Foto oleh Dokumentasi KPY

8 responses

  1. “Bangun pagi jam 7 bagi sejumlah orang sudah merupakan ujian tersendiri.”

    yeaaaa ujian yang berat sekali bang wkwkw

    February 15, 2011 at 1:46 PM

  2. mana pengajarnya keren-keren pulak! hebat ih!

    February 16, 2011 at 4:59 PM

  3. Satu lagi inspirasi…

    February 17, 2011 at 1:53 PM

  4. Wah hebat nih, semarang belum ada neeehhh😀

    February 22, 2011 at 7:18 PM

  5. bandung bandung..kapan ada nihh…,semuanya mahal..apalagi yang gratiss..,gak ada banget. aku pengen ke jogja tapi kuliahku gimana nih…..hhehehee

    March 2, 2011 at 1:11 AM

  6. Kelasnya asik dan gratis…😀
    tentornya sungguh cihuy

    March 14, 2011 at 10:51 PM

  7. thomas

    utk angkatan berikutnya kapan pak…?
    syaratnya apa saja ya?

    May 25, 2011 at 11:09 PM

  8. apa dari luar kota jga bisa ikut blajar d’situ….?

    July 28, 2011 at 1:56 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s