Free, Open-Mind, Responsible, Creative & Egalitarian

Menikmati Pantai Hukurila, Ambon, Maluku

Anak-anak Pantai Hukurila - Foto oleh Kristupa Saragih

Anak-anak Pantai Hukurila - Foto oleh Kristupa Saragih

Hukurila, di Ambon, Maluku selama ini dikenal keindahan bawah airnya. Masukkan kata kunci Hukurila di mesin pencari dunia maya maka halaman pertama hasil pencarian akan penuh oleh keterangan bawah air Hukurila. Tapi daratan Hukurila ternyata menyimpan banyak hal yang bisa dinikmati.

Pantai Hukurila berada di sisi selatan Pulau Ambon yang menghadap ke timur. Secara administratif, Pantai Hukurila berada di Kecamatan Leitimur Selatan, yang masih termasuk Kota Ambon. Pantai ini menghadap langsung ke Laut Banda. Kesan pertama ketika tiba di pantai ini, penduduk ramah dan pemandangan indah.

Karena menghadap ke timur, secara fotografis pantai ini cocok untuk menanti matahari terbit. Ketika berkunjung ke Pantai Hukurila pada hari Minggu (8/4), saat petang setelah jam 14 pantai ini sudah mulai diselimuti bayangan. Terhampar pantai berdasar batugamping warna putih yang disaput pasir hitam.

Sepertinya ada gunung api tua yang sudah mati, tapi masih menyisakan endapan material vulkanik dalam bentuk pasir hitam. Air tawar mengalir segar di sungai kecil yang bening dan dangkal. Anak-anak setempat berlarian sembari berteriak-teriak girang menyambut ombak yang berdebur-debur.

Pantai Hukurila tak seperti Pantai Liang yang padat pengunjung di akhir pekan. Pantai ini pun tak seterkenal Pantai Natsepa dengan rujaknya itu. Pantai Hukurila hanya berhiaskan nyiur melambai dan beberapa rumah penduduk yang bersuasana hening. Tak ada pedagang, tak ada pula pondok-pondok tempat berteduh. Bahkan Pantai Lawena yang belakangan mulai ramai saja punya beberapa pondok sekedarnya untuk para pengunjung.

Di kedalaman lebih dari 20 meter di bawah permukaan laut, ada Hukurila Cave yang jadi tempat favorit para penyelam yang berkunjung ke Ambon. Di atas permukaan air, Pantai Hukurila punya pemandangan yang layak difavoritkan pula. Tapi biarlah keheningan di bawah maupun di atas permukaan air Pantai Hukurila tetap terjaga.

Kelak jika Pantai Hukurila semakin terkenal, kiranya penduduk dan otoritas setempat tetap menjaga keaslian suasana dan keheningan nan alami.

10 responses

  1. Keindahan pinggir pantai di daerah timur, termasuk Maluku indah-indah mas.😀 beruntung bisa menikmati keindahannya, kayak mas nico juga pernah kesana tuh… ambon juga maksudnya.😀 hehe

    May 13, 2011 at 10:41 PM

    • He he he… ayo ke Ambon!

      May 18, 2011 at 6:43 PM

      • ah bang kris su ke Ambon, kitorang tarada kantor yang membayar *derita mahasiswa tingkat akhir* hehe. #curcol

        May 18, 2011 at 7:36 PM

  2. didex

    Di Ambon ada Surga Landscape ternyata bang,,, wah… SUMUT aja belum aku jalani semua…🙂

    May 26, 2011 at 1:16 AM

    • d ambon banyak pemandangan yang memuaskan mata klo d pandang apalagi d natsepa keren banget

      June 9, 2011 at 8:10 PM

  3. Ambon selalu menjadi impian saya, saya dari Bali.
    Suatu waktu pasti saya akan berkunjung…Tetaplah indah ambon…..

    September 12, 2011 at 12:19 PM

  4. Yuliana Heatubun

    ini dia kampung kebanggaanku..

    July 19, 2012 at 4:05 PM

  5. saya akan berkunjung pantai hukurila……

    March 24, 2013 at 1:53 PM

  6. ilham sipahutar

    Bagi Sdr2 yg ingin terlibat dalam kegiatan Penyelamatan Terumbu Karang/ Biorock di Spot Dive Halong, terbatas untuk 57 Penyelam/ Diver saja,dalam rangka HUT PT Pertamina, pada pertengahan November 2014, silahkan daftarkan diri ke: g22.organizers@gmail.com, tks

    October 31, 2014 at 10:09 AM

  7. Pingback: pantai portugal yogyakarta | Info Wisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s