Free, Open-Mind, Responsible, Creative & Egalitarian

Kebhinekaan Kita adalah Kekayaan Kita

Tulisan ini adalah kata pengantar saya untuk e-book #FNstreethunting 2013, yang bisa diunduh gratis di: Fotografer.net


Pada tanggal 20 Oktober 2013 fotografer Indonesia menorehkan sejarah. Sebanyak 3.880 fotografer secara serentak di 55 kota di seantero Nusantara menggelar street photography hunting, #FNstreethunting. Kegiatan akbar ini berangkat dari inisiatif anggota Fotografer.net (FN), secara swadaya dan swakarsa: dari, oleh dan untuk anggota FN.

Tahun 2013 adalah kali ketiga para anggota FN menggelar #FNstreethunting serentak. Pada 2011 berkumpul 2.000 fotografer di 35 kota secara serentak, lantas tahun 2012 meningkat menjadi 2.500 fotografer di 49 kota. Setiap tahun, FN menerbitkan e-book berisi foto-foto dari seluruh kota untuk mengabadikan evolusi budaya dan mengapresiasi karya semua fotografer yang terlibat.

Penghargaan setinggi-tingginya diberikan kepada para inisiator tiap kota, yang secara sukarela menyumbang tenaga dan ide. Kesuksesan ini adalah kebanggan kita semua, prestasi kita bersama.

Atas nama para 3.880 fotografer yang terlibat di #FNstreethunting 2013 di 55 kota, perkenankan kami di FN dan Exposure Magz mempersembahkan buku yang sederhana ini. Sumbangsih kami yang apa adanya untuk khalayak fotografi Indonesia.

Secara karya, foto-foto ini belum apa-apa dibanding karya banyak rekan sejawat lainnya di Indonesia. Namun dengan rendah hati kami menyumbangkan semua yang kami punya untuk negeri ini. Secara fisik, kami sudah hadir dalam kebersamaan yang hangat dan murni. Secara batin, kami sudah terikat dalam persahabatan yang bersih dan kritis.

Kami mengusung rasa persatuan sebagai bagian dari masyarakat Indonesia melalui fotografi. Dari setiap kota yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, kami beranikan diri mengikat rasa kebersamaan untuk Persatuan Indonesia dengan cara fotografi.

Fotografer sudah turun ke jalan, menjadi saksi sejarah dan mengabadikannya untuk anak cucu. Kami melihat, kami merasa dan kami berpikir lantas menuangkannya spontan dalam karya-karya foto di buku ini. Tanpa beropini, kami sajikan fotografi yang bicara kejujuran.

Pada 28 Oktober 1928 para pemuda sudah bersumpah mempersatukan Indonesia dalam kesatuan bangsa, bahasa dan Tanah Air. Sekarang 85 tahun kemudian, perkenankan kami mengobarkan nyala api persatuan dengan cara fotografer Indonesia, yang berasal dari berbagai daerah, berbagai jenis kamera dan berbagai komunitas. Kebhinekaan kita adalah kekayaan kita.

Fotografer bisa mati, namun karya foto niscaya abadi.

Biar foto yang bicara.

e-Book #FNstreethunting 2013

#FNstreethunting 2013 digelar secara serentak di 55 kota pada 20 Oktober 2013 dan dihadiri 3.880 fotografer anggota Fotografer.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s